Berbagai Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Apa saja sih pentingnya minum air putih? Air putih tenyata tidak sesepele data macau yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Meningkatkan Daya Ingat Otak

Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu.

Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada penurunan berat badan. Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

Memelihara kesehatan kulit

Manfaat minum air putih juga dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Menjaga tulang agar tetap sehat

Selain susu, air putih ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang loh! Air putih juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari sehingga otak dapat berfungsi secara optimal.

Leave a Reply